Minggu, 17 Februari 2013

makalah segmentasi

MANAJEMEN PEMASARAN 
KARAKTERISTIK BERDASARKAN 
SEGMENTASI DEMOGRAFI

  

 Disusun Oleh: Yovi zainudin (20110410040)

 PROGRAM STUDI MANAJEMEN 
FAKULTAS EKONOMI 
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 
2012 


 SEGMENTASI DEMOGRAFI 
Segmentasi demografi adalah mendekati dan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok sejenis berdasarkan variabel demografi (kepedudukan) seperti usia, gender, jumlah anggota dalam rumah tangga, family life cycle, pekerjaan, pendidikan, agama, suku, pendapatan, dan kebangsaan. Alasan kenapa segmentasi demografi itu perlu • Gaya hidup erat kaitannya dengan variabel – variabel demografi • Informasi demografi adalah informasi yang paling mudah dijangkau, paling mudah untuk mengidentfikasi target market. • Informasi demografi memberikan insight tentang trend yang sedang terjadi. Perubahan -perubahan penduduk menurut usia atau jenis rumah tangga akan menentukan jumlah permintaan beberapa jenis barang /jasa. Seperti jumlah anak-anak yang menurun mengakibatkan permintaan taman kanak-kanak dan tempat bermain anak menurun
• Demografi dapat digunakan untuk melihat perubahan permintaan aneka produk.
• Bisnis dapat menggunakan demografi untuk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasarannya.
  Keberhasilan pemasaran harus diukur dengan besarnya pasar dan tekanan-tekanan pesaing pada pasar. variabel demografi

1. Usia Pada umumnya pasar dibedakan menurut usia anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Namun pengelompokan itu masih terlalu luas. Ada yang mengelompokkan anak antara pra sekolah dan sekolah dasar sedangkan pra sekolah masih ada tiga segmen , bayi dibawah 2 tahun memiliki kebutuhan berbeda dengan anak usia 2-4 tahun dan usia 4-9 tahun. Contoh :
  •  Produsen susu anak-anak seperti susu bendera membagi segmennya berdasarkan usia 1- 3 tahun, 4- 6 tahun dan lain-lain. Mereka kemudian meluncurkan susu bendera 123 untuk usia 1 sampai 3 tahun dan susu bendera 456 untuk usia 4 sampai 6 tahun.
  •  PC Games dengan batasan usia yang berbeda-beda. Semakin tinggi usia maka konten games semakin menantang dan mengandung unsur dewasa yang tidak dianjurkan untuk anak kecil. Sangat penting untuk menentukan batasan usia karena disesuaikan dengan karakteristik setiap usia.
  • Sabun mandi Cusson ditujukan bukan hanya untuk orang dewasa tetapi ada juga yang untuk bayi atau anak. 
2. Gender Mengelompokkan penduduk sesua gender, yakni laki-laki dan perempuan. Namun tidak semua produk dapan dibedakan menurut segmen ini. Kebanyakan produk-produk dengan gaya hidup umumnya menggunakan segmen ini. Contoh :
  • Yamaha mulai membagi pasar motor berdasarkan jenis kelamin dengan mengeluarkan Yamah Mio yang dikhususkan untuk segmen wanita.
  •  Toko kacamata seperti Melawai membagi pasarnya berdasarkan jenis kelamin yakni kacamata untuk pria dan kacamata untuk wanita. Oleh karena itu Melawai membagi ruangan displaynya untuk konsumen pria dan konsumen wanita. 
  • Parfum Gatsby untuk pria,dan parfum Gucci untuk wanita. 

3. Ukuran Keluarga Segmentasi ini dapat dilakukan dengan membeda-bedakan pasar menurut besarnya anggota keluarga. Besarnya anggota keluarga biasanya berhubungan erat dengan jenis keluarga. Extended famili (dengan paman-bibi, kakek-nenek, kemenakan) memiliki kebutuhan berbeda dengan keluarga inti/tanpa campur tangan keluarga besar. Contoh : Sebuah restoran Pizza khusus untuk keluarga menyediakan layanan pengantaran Pizza dalam beberapa ukuran. Ukuran kecil untuk disantap 1 orang, ukuran sedang untuk 2-3 orang dan ukuran besar untuk 4-5 orang.

4. Family life cycle Kosumen dibagi menurut tahapan yang dicapai oleh seseorang dalam life cycle (daur hidup). Daur hidup keluarga dari beum menikah, baru menikah tapi belum punya anak, menikah dengan usia balita sampai keluarga kepompong (sudah ditinggalkan oleh anak-anak). Pada setiap tahap akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Contoh :
  • Keluarga muda yang baru menikah banyak mengonsentrasikan diri untuk pembelian alat-alat rumah tangga yang baru seperti perlengkapan kamar, dapur, perabotan rumah tangga lainnya. 
  •  Keluarga yang memiliki anak-anak usia sekolah akan banyak menghabiskan anggarannya untuk pendidikan anak. 

5. Pekerjaan Konsumen yang memiliki jenis pekerjaan tertentu umumnya mengkonsumsi barang-barang tertentu juga yang berbeda dengan jenis pekerjaan lainnya. Contoh:
  •  Majalah bisnis yang ada di Indonesia dapat dibagi berdasarkan lingkup pekerjaan pembaca. Misalnya majalah untuk kalangan investor, majalah untuk para pemasar, majalah untuk para akuntan, dan lain-lain.
  • Nokia E7 merupakan smartphone bisnis yang dilengkapi aplikasi seperti Quickoffice, Adobe PDF, Microsoft Communicator Mobile, Microsoft Sharepoint, IBM Lotus, dan sebagainya. Target market ponsel ini ialah bussinessman atau orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis yang membutuhkan kecepatan, keringkasan, dan kemudahan agar tidak menghambat bisnis merek. 

6. Agama Mengelompokkan pasar berdasarkan agama yang dianut oleh masing-masing individu. Segmentasi berdasarkan agama tertentu tidak dapat dilakukan terhadap setiap jenis produk. Dan cara ini umumnya sangat sensitif dan memerlukan keseriusan daam menjalin hubungan dengan konsumennya. Contoh:
  • Mi Karomah, Air Mineral Zam-Zam, Majalah Amanah, Ummat Hidup adalah produk-produk yang telah dipasarkan berdasarkan segmentasi agama. 
  • Toko-toko buku rohani menyasar segmen untuk kalangan agama tertentu seperti toko buku Obor atau BPK Gunung Mulia untuk umat kristiani, toko buku Wali Songo untuk umat Islam. 
  • Di Indonesia didirikan bank syariah, seperti Bank Muammalat, Bank Mandiri Syariah, dll, yang bertujuan menciptakan sistem perekonomian berbasis nilai-nilai dan prinsip syariah untuk diterapkan dalam bisnis dan transaksi. Awal mula didirikannya bank-bank syariah ialah salah satunya disebabkan oleh isu tentang haramnya bunga. Oleh karena itu bank syariah memusatkan pasarnya untuk masyarakat yang memahami dan menerapkan aturan Islam dalam kehidupannya, dengan slogan-slogan yang berkaitan dengan agama. 

7. Pendapatan Membagi pasar sesuai dengan tingkat pendapatan seperti dibawah 500 ribu sebulan, 500 ribu – 1 juta, 1 juta – 2 juta, lebih dari 2 juta., dll Contoh: o Produsen sepeda dapat menawarkan sepeda dengan harga Rp.200.000 ke bawah untuk kelompok bawah, Rp. 200.000 – Rp. 1.000.000 dan harga di atas Rp. 1.000.000 untuk kelompok atas.
  • Walaupun sama-sama mobil keluarga dan bernaung dalam satu nama, Toyota, harga antara mobil Avanza dan Alphard cukup jauh. Kisaran harga mobil Avanza antara 150-180 juta, sedangkan Alphard 600 juta sampai milyaran. Tentu market yang dikejar Avanza ialah keluarga menengah sedang, dimana konsumen lebih mementingkan harga dan fungsi utama (cukup untuk dikendarai) daripada kenyamanan dan prestige. Berlawanan dengan market yang dikejar Alphard ialah keluarga menengah ke atas, dimana konsumen mengutamakan prestige serta kenyamanan dan mengesampingkan harga. 
  • Produsen telepon tanpa kabel CERIA yang mengkhususkan produknya bagi penduduk Indonesia kalangan menengah bawah. 8. Suku dan Kebangsaan Segmentasi ini dilakukan sepanjang suku-suku itu memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal kebiasaan-kebiasaan dan kebutuhan bila dibandingkan dengan suku-suku lainnya. Selain itu tentu segmennya harus cukup besar, potensial dan memiliki daya beli tinggi. Contoh:
  1. JTV menayangkan acara-acara yang sesuai dengan bahasa – bahasa daerah di sekitar surabaya, seperti bahasa suroboyo asli dan bahasa madura. Sehingga dengan bahasa tersebut pelanggan jadi nyaman dan sangat mengerti dengan bahasa yang ditayangkan.
  2. Pasar Amerika yang terdiri dari berbagai suku bangsa dapat dibagi berdasarkan ras/suku tertentu seperti kelompok hispanik, kelompok afro-amerika, kelompok Asia, dan lain-lain. Produsen mobil Christler menjual produk-produk mereka mengkhususkan diri pada pembeli kaum afro amerika. 9. Pendidikan Pada masing-masing tingkatan pendidikan, kebutuhan dan penggunaan barang oleh konsumen berbeda-beda. Benda produk yang digunakan berfungsi sebagai penunjang bagi pendidikan mereka. Contoh: 
  • Majalah anak-anak dapat dibagi berdasarkan tingkat pendidikan mereka. Ada majalah pra TK, majalah untuk kelas TK, majalah untuk anak SD dan majalah untuk ABG. 
  • Mahasiswa lebih membutuhkan laptop dibandingkan dengan anak SD, karena jika diukur dari intensitas pendidikannya, mahasiswa memiliki tugas yang lebih banyak dan rumit sehingga dibutuhkan laptop sebagai media penunjang. 10. Martial Status Sebuah perusahaan mungkin menemukan bahwa individu yang telah menikah lebih bersedia untuk membayar harga yang lebih tinggi daripada individu tunggal, atau bahwa satu pelanggan membeli produk tertentu lebih sering daripada orang yang menikah. Contoh: 
  • Sebuah toko perhiasan dapat menargetkan pelanggan menikah dengan promosi untuk band ulang tahun, misalnya, sementara menargetkan perempuan yang tidak menikah dengan "tangan kanan" cincin, yang sering dipakai sebagai sinyal kemerdekaan.
  1.  Publik figure dan media elektronik mempengaruhi tren. Bahwa tren pada zaman dahulu itu di pengaruhi oleh raja, petinggi, bangsawan, atau orang-orang yang dianggap penting. Dan sekarang khususnya di Indonesia, tren seperti fashion (jilbab, celana, sepatu, baju dll) di mulai dari Artis dan Media Televisi. Seperti “Baju Syahrini” sebutan bagi model baju yang diapakai syahrini sedang ngetren di pasaran, yang melihat Syahrini memakainya di televisi.
  2. Tren tidak pernah lepas dari sejarah Sejarah yang terjadi dimasa lalu akan menjadi dasar pengembangan produk dimasa yang akan datang. 
  3. Bahwa Tren memiliki daur hidup, ada masa muncul – ngetren – mati kemudian muncul lagi, dengan desain yang sesuai dengan masanya. Seperti jilbab, awal mula jilbab kain biasa segi empat, kemudian muncul jilbab paris, karena ribet muncul jilbab praktis, karena jilbab praktis modelnya kurang, jilbab paris ngetren lagi dengan model2 lukis dll, lalu muncul jilbab praktis yang banyak motifnya. Desainnya memilik daur hidup, muncul kembali sesuai dengan kondisi pada masanya.

1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa To Open June 1 - KTNV
    The Borgata Hotel Casino & Spa 세종특별자치 출장안마 and 전라북도 출장마사지 The Water Club 서울특별 출장마사지 are set to open on June 1st. The Borgata will be one of the premier 문경 출장샵 resorts on 보령 출장마사지 the Atlantic City

    BalasHapus