Jumat, 15 Februari 2013

marketing online

umy.ac.id

MANAJEMEN PEMASARAN MARKETING ONLINE 


PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 



1. Devinisi Marketing Online pemasaran Internet atau e-pemasaran (bahasa Inggris:

Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Online Marketing merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman statis berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian menjadi semacam 'brosur online' dan bahkan ‘kantor kedua’ bagi perusahaan-perusahaan untuk menampilkan jati dirinya ke seluruh dunia.
 Dalam perjalanannya online marketing terus mengalami kemajuan, tidak hanya menggunakan website tapi juga Email dan aplikasi lain yang telah di aplikasikan pada Internet. Ada beberapa hal yang di lakukan untuk menjadi bagian dari marketing agar bisa di kerjakan dengan system online marketing, melalui internet salah satunya adalah online advertising. Saat ini Periklanan online menjadi hal menarik untuk di lakukan dalam dunia usaha. Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan World Wide Web. Produk yang dipasarkan bisa produk sendiri atau produk orang lain (affiliasi) dengan pembagian komisi dalam jumlah tertentu (sistem persentase). Pelaku internet marketing biasa disebut dengan Internet Marketer. Ciri-ciri internet adalah :

 • Bersifat cepat, artinya sesuatu terjadi sangat cepat, dan informasi mengalir seperti kilat
 • Berubah dengan cepat, artinya internet kemarin tidak sama dengan internet hari ini.
• Tool-tool baru bermunculan dengan cepat, artinya pengembangan software dan hardware sangat pesat dan muncul dari sumber non tradisional.
• Pemakai baru dari manapun bermunculan, artinya layanan komersial menampung semakin banyak pemakai dan beragam, penyelenggaraan akses internet juga bermunculan dimana-mana.

2. Jenis atau Tipe Internet Marketing Di bawah ini tercantum jenis-jenis atau tipe-tipe internet marketing (e-marketing) . Pemasaran secara online (e-marketing) dapat dikelompokkan dalam beberapa elemen yang tertulis pada poin-poin di bawah. Setiap metode memiliki tujuan yang spesifik dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sebelum Anda melakukan investasi e-marketing, lebih baik Anda mengetahui dan memahami lebih detail tentang elemen yang tepat yang ada pada e-marketing, antara lain :

• Banner Advertisement (iklan melalui banner). Jenis internet marketing ini ialah file grafis (biasanya berukuran 468 x 60 pixels atau 200 x 200 pixels atau bisa juga disesuaikan dengan keadaan yang ada) yang dipasangkan pada website penyedia iklan atau website orang lain. Iklan banner ini dimanfaatkan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website atau blog Anda. Sebaiknya Anda harus menyajikannya semenarik mungkin supaya calon pembeli membeli produk Anda atau tertarik pada sesuatu yang ada pada website Anda.

• Sponsorship. Jenis internet marketing ini adalah melakukan kegiatan tersebut untuk memikat calon pembeli,supaya benar-benar mau dan bersedia membeli produk dari Anda. Bisa dikatakan jika ada calon pembeli yang membeli atau menjualkan produk dari Anda maka Anda bisa memberikan bonus berupa link, uang, atau beberapa hal yang lain yang dirasa bermanfaat bagi pembeli yang membeli atau menjualkan produk dari Anda.

• Classified Listings (daftar produk terklasifikasi). Jenis internet marketing ini ialah seperti pada klasifikasi di surat kabar,koran, majalah. Klasifikasi online ialah cara yang sangat baik dan istimewa untuk memasang bisnis Anda yang ditujukan pada orang-orang yang siap untuk membeli produk Anda hasilkan. Kekuatan yang lebih hebat atau kelebihan atau bisa disebut keunggulan dari klasifikasi online dibandingkan dengan klasifikasi offline yaitu pengguna bisa mencari produk dengan cepat dan tepat dengan memanfaatkan form pencarian yang sudah terindeks dalam database.

• Email Marketing (pemanfaatan email). Jenis internet marketing ini ialah pemasaran dengan memanfaatkan email pada penyebarannya. Email marketing bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

1) Dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Misalnya, ketika Anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online Mitra Jaya Langgeng Abadi, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini merupakan cara ampuh untuk menarik calon pembeli Anda untuk segera membeli produk dari Anda.
2) Dengan secara langsung mendistribusikan atau mengirimkan e-mail Anda kepada calon pelanggan atau calon pembeli yang berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sebaiknya Anda memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan. Hal itu dimaksudkan supaya calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik dalam menanggapi produk yang telah Anda tawarkan.
3) Anda bisa menyediakan fasilitas email subsriber pada website yang Anda miliki. Jika netter melakukan pendaftaran melalui e-mail subsriber yang ada pada website Anda, maka setiap kali Anda melakukan update pada website yang meliputi ( posting artikel atau produk ), maka email notifikasi bisa sampai kepada netter yang telah mendaftar secara otomatis dari setiap apa yang telah Anda update dari website Anda.

 • Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi). Jenis internet marketing ini adalah dengan cara memanfaatkan para pengiklan. Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk yang ada. contohnya ialah http://www.amazon.com.

• Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari). Netter biasanya mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Sebaian besar orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi yang mereka inginkan biasanya mereka mencarinya di situs mesin pencari itu (Google atau Yahoo). Maka dari itu, jika perusahaan Anda (usaha Anda) belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling istimewa dan spektakuler yang sebaiknya Anda lakukan yaitu berusaha untuk mendapat tempat teratas pada mesin pencari (Google atau Yahoo). Setidaknya pada halaman pertama di mesin pencari. Sesuatu hal yang sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa situs Anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti google atau yahoo, apalagi pada halaman pertama . Banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya website yang Anda miliki terindeks pada mesin pencari tersebut (Google atau Yahoo) yang dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO).

• Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial). Berbagai situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp bisa Anda gunakan sebagai senjata e-marketing yang ampuh dan dahsyat. Facebook dan Friendster menyediakan fasilitas embed audio dan video. Selain itu beberapa situs social network yang mengijinkan menyertakan audio atau video klip ialah www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.YouTube.com, dan www.Grouper.com. Memanfaatkan situs jejaring sosial merupakan cara efektif dan ampuh untuk mendemonstrasikan atau menunjukkan kemampuan pengetahuan dan komunikasi Anda untuk mendapatkan calon pembeli. Begitu banyak situs jejaring sosial yang menyediakan kesempatan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain dan saling memberi komentar. Akan tetapi Anda harus hati-hati, lebih baik Anda tidak menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati, karena hal tersebut bisa menjadi hal yang mengecewakan orang lain dan membuat orang lain beranggapan bahwa Anda tidak bisa menghargai orang lain.

3. Strategi Pemasaran Online Strategi Pemasaran Internet adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk barang atau jasa dalam kaitannya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui media internet. Secara garis besar strategi pemasaran online dapat dibagi menjadi 6 langkah, yang bisa disingkat menjadi SISTEM :
  1. 1. S – Search and research. Melakukan proses pencarian dan riset ceruk pasar dan kompetitor Anda. 
  2. 2. I – Initiate strategy. Tentukan sistem dan strategi yang akan dipergunakan untuk menjangkau prospek dan pelanggan. 
  3. 3. S – Start content engine. Pergunakan berbagai konten untuk menarik orang kepada bisnis Anda. 
  4. 4. T – Traffic. Mendatangkan pengunjung ke situs Anda. 
  5. 5. E – Embrace relationship. Bina hubungan dengan pelanggan melalui berbagai kanal. 
  6. 6. M – Money. Strategi mendatangkan pendapatan dan keuntungan. 
  •  S – Search and Research Memiliki toko online tanpa mengerti untuk apa toko itu dipakai tidak akan banyak bermanfaat. Mengapa? Karena kompetitor segera akan menjadi lawan yang pelik dengan persaingan yang tinggi.

 Metode terbaik untuk sukses dalam suatu ceruk pasar adalah melakukan riset di mana Anda:
  • Bisa menemukan prospek dan pembeli yang tertarik dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. 
  • Dapat memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan maupun layanan. 
  • Dengan efisien dapat menjangkau pasar atau bekerjasama dengan pemain yang ada. 

Banyak sekali cara seorang marketer dapat mendapatkan pelanggan dari dunia maya. Ada yang memilih memakai jalan pintas dengan membeli iklan di situs-situs yang ramai pengunjung atau dari mesin pencari. Cara yang mudah untuk mendapatkan pelanggan yaitu dengan membuka toko di Mall Online seperti Bursamuslim.com karena dengan membuka toko di Bursamuslim.com potensi pembeli yang berkunjung ke toko Anda lebih banyak dari pada Anda membuka sebuah toko online sendiri.
  •  I – Initiate Strategy Situs web atau membuka toko online merupakan bagian terpenting dalam strategi pemasaran online. Banyak situs web yang menyediakan sarana buka toko yang gratis yang bisa Anda manfaatkan. Selain fitur gratis yang diberikan oleh penyedia web tentu biasanya ada juga fitur premium atau berbayar. Untuk memperoleh peluang lebih besar mendapatkan pengunjung atau calon pembeli produk barang atau jasa Anda, Anda bisa mencoba dengan bergabung dengan fitur premium tersebut, tentu banyak sekali keuntungan yang akan Anda peroleh dari pada menjadi reguler member karena Anda akan mendapatkan prioritas-prioritas dari web penyedia Toko Online tersebut. 

  •  S – Start Content Engine Konten masih merupakan materi penting dalam strategi pemasaran online. Mengapa? Karena semua orang ketika berselancar di dunia maya, mereka mencari konten dalam satu bentuk atau lainnya. Strategi membuat konten tidak serumit yang dibayangkan kebanyakan orang. Dengan cara yang benar, Anda juga dapat memenuhi situs dengan konten yang diinginkan pemirsa. Hal ini memungkinkan terjadinya penjualan tanpa harus menjual. Suatu konsep yang mungkin kontroversial bagi Anda karena pelanggan dan klien yang datang mencari Anda, dan bukan sebaliknya. Strategi pemasaran Internet ini dinamakan content marketing. Penulisan judul dan deskripsi produk juga termasuk Content Marketing. Tentang bagaimana rahasia menulis judul dan deskripsi produk yang menjual, bisa mendownload di http://blog.bursamuslim.com/download.

  • T – Traffic Beberapa strategi yang populer untuk meningkatkan traffic : 

  • • Search Engine Optimization(SEO). Ilmu, teknik dan proses memposisikan halaman situs web di posisi yang tinggi di halaman pencarian untuk kata kunci yang dipakai prospek dan pelanggan Anda.
  • • Pay per click atau bayar / biaya per klik. Sistem periklanan yang diterapkan di Google salah satunya, di mana setiap kali iklan diklik, membayar sejumlah uang. Strategi ini bekerja dengan baik untuk eksperimen dan jika Anda telah memiliki proses penjualan yang baik. 
  • • Media Buying. Meliputi pembelian iklan untuk ditampilkan pada berbagai situs. Strategi ini dapat dikombinasikan sekaligus dengan teknik pemasaran di dunia nyata dalam bentuk pembelian iklan di radio, televisi dan media cetak. 
  • • Social Media. Strategi ini naik daun pada beberapa tahun belakangan ini. Pada dasarnya ia meliputi interaksi langsung dengan pemirsa, prospek dan konsumen di situs media sosial. 
  • • Email Marketing. Mempergunakan email sebagai sarana komunikasi menjangkau pemirsa. Dengan konten yang baik akan dapat menarik pengunjung kembali ke situs Anda berulang kali. Lihat langkah selanjutnya. 
  • • Al-Amin Seller di Bursamuslim.com. Al-Amin Seller merupakan fitur premium seller(berbayar) di Bursamuslim.com. Dengan dana yang hemat, Anda ditawarkan posisi iklan dengan target yang tepat, yaitu di Halaman Depan Bursamuslim.com. Keuntungan tentang Al-Amin Seller bisa Anda lihat di http://blog.bursamuslim.com/al-amin-seller/ 
  •  • Iklan Adpoint di Bursamuslim.com. Iklan Adpoint merupakan fitur iklan berbayar yang lebih hemat daripada Al Amin Seller. Anda bisa memilih jenis iklan adpoint seperti Hot Product, Sponsor Product, Hot Label, dan lain-lain. 
  • E – Embrace relationship. Sebagaimana indahnya situs Anda tidak akan mengubah kenyataan bahwa sebagian orang tidak akan membeli pada saat kunjungan pertama. Mungkin mereka belum yakin. Prospek Anda mungkin ingin mencari informasi dari situs lain. Atau mereka masih dalam tahap perencanaan sehingga pilihan belum diputuskan. Itulah sebabnya diperlukan suatu metode agar dapat merangkul dan menuntun mereka melalui suatu proses. Jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda memahami apa yang mereka lalui, mendemonstrasikan bahwa Anda sanggup membantu mereka atau memiliki tawaran terbaik yang mereka cari, maka pada saat mereka siap nantinya… dapat Anda tebak siapa yang mereka ingat. Dan tebak ke mana uang mereka akan mengalir? Website tidak dapat melakukan semua tugas dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan email sebagai sarana komunikasi. Ada sistem yang mengizinkan Anda mengumpulkan nama dan alamat email prospek dan mengirimkan mereka informasi-informasi dengan teratur. Jadi tidak perlu kuatir bila suatu saat Anda akan memiliki seratus ribu bahkan sejuta orang dalam daftar prospek Anda, semuanya dapat ditangani dengan sistematis. Alternatif sarana yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan prospek adalah media sosial. Di Facebook, Anda dapat berkomunikasi secara hampir real-time dengan mereka, berinteraksi, meminta pendapat, memberikan tips dan bahkan mengirimkan promosi dan informasi produk baru. Kedua teknik di atas sangat berbeda implementasinya, tapi inti pemakaiannya sama. Bila Anda belum yakin harus dengan strategi ini, ketahuilah bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru sampai lima kali dari biaya untuk mendapatkan penjualan dari pelangga yang telah ada. Pelanggan yang pernah membeli selalu akan mengingat Anda selagi ada kesempatan, bila pengalaman yang Anda berikan baik. Email dan media sosial adalah dua sarana ataupun kanal yang juga dapat Anda pergunakan untuk tujuan ini. 

  •  M – Money Semua langkah di atas tujuannya adalah mendatangkan pendapatan yang menguntungkan. Semua proses di atas harus Anda lalui bila ingin sampai pada tahap ini. Uang tidak akan berpindah tangan kecuali Anda dapat mencari pelanggan dan memberikan sesuatu yang bernilai sebagai gantinya. Setelah memiliki pengunjung dan menghasilkan penjualan, salah satu langkah yang harus Anda lakukan adalah optimasi proses sehingga taraf konversi seseorang dari pengunjung ke prospek dan prospek ke pelanggan semakin tinggi. Jika awalnya dari 200 orang 1 membeli dan Anda meningkatkannya menjadi 1 pembeli setiap 100 orang, maka teorinya, keuntungan Anda berlipat ganda. Jadi, sampai ke langkah ini bukan berarti akhir dari kesemuanya. Seperti halnya bisnis, semua merupakan proses yang terus dilakukan, dan berpotensi dikembangkan dan dimajukan. Cara-cara eksperimen dan optimasi merupakan bidangnya tersendiri dan merupakan topik yang akan dikupas di kesempatan lain. Untuk sekarang, saya rasa semua ini cukup memberikan Anda ide tentang bagaimana mengembangkan strategi pemasaran Internet atau Internet marketing yang sukses. 

4. keuntungan Internet Marketing Di bawah ini terdapat beberapa keuntungan dan manfaat dari e-marketing. Tidak hanya penjelasan tentang keuntungan internet marketing dari personal atau individu saja, akan tetapi juga menurut para ahli. Para ahli juga memberikan penjelasan mengenai keuntungan internet marketing. Karena banyak hal yang bisa diperoleh dari internet marketing. Seorang ahli juga telah memaparkan penjelasannya mengenai keuntungan internet marketing. Anda bisa melihat beberapa keterangan tentang keuntungan internet marketing di bawah ini! Keuntungan E-marketing (Electronic Marketing) Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan e-marketing bagi suatu perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu: a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing. b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.

Manfaat E-marketing (Electronic Marketing) Beberapa manfaat yang didapatkan dari e-marketing yaitu:

 • Branding. Produk, layanan, logo-logo perusahaan, dan penawaran dapat ditampilkan secara visual, bahkan saat ini semakin marak dengan audio dan video streaming yang terpasang melalui media internet.

• Direct Response (respon langsung). E-marketing menawarkan kecepatan. User dapat merespon dengan mudah dan cepat. Tentu hal ini mengantarkan pebisnis dalam mendapatkan hasil dengan segera dari kegiatan usaha promosi dan iklan melalui internet.

• Targeting (penentuan target pasar). Dengan teknologi yang digunakan (seperti rss, milis, forum, maupun kode-kode website tertentu) dapat mentarget pengguna atau calon konsumen.

• Tracking (pelacakan). Elemen yang paling kuat dari e-marketing ialah, hampir apa saja bisa dilacak dan bisa dilihat secara instan. Hal ini berarti, jika ada sesuatu dalam sistem yang tidak bekerja, bisa diatasi dengan lebih mudah.

• Return on Investment (kembali modal). Karena kekuatan tracking yang begitu bagus, Anda bisa memastikan bahwa modal anda dapat kembali dengan mudah. Dengan dapat menentukan seberapa banyak orang yang melakukan klik terhadap banner iklan atau link email, para pemilik usaha dapat mengkalkulasi kembalinya modal investasi dengan mudah atau dengan cara lain selain klik iklan (bisa dengan menjual produk atau yang lainnya) supaya modal kembali dengan cepat.

• Inexpensive (tidak mahal). E-marketing, terutama email dan membeli keywords (kata kunci) pada mesin pencari internet adalah relatif murah, bahkan bisa dikatakan sangat murah. Biaya email biasanya sudah tergabung dengan biaya koneksi kepada Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider) yang masuk dalam layanannya. Pembelian keyword dapat dilakukan kepada perusahaan search engine seperti Google dan Yahoo. Akan tetapi jika Anda belum mampu melakukan pembelian keyword pada perusahaan search engine seperti Google dan Yahoo maka Anda bisa belajar sendiri dengan memanfaatkan buku atau yang lainnya supaya website Anda bisa muncul pada halaman depan mesin pencari dengan mudah. Banyak strategi dan cara-cara yang bagus untuk bisa mendapatkan keyword pada mesin pencari seperti google dan yahoo.

3 komentar:

  1. ada social media marketing, ada content digital marketing, dan banyak lagi. tulisan ini sungguh menginspirasiku untuk buat blog tentang belajar marketing online

    ternyata marketing online sangat luas ya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terimakasih reviewya jadi banyak tau tentang duia online. cook untuk bisnis kami jasa pembuatan web aplikasi di jogja. terima kasih sharingnya..

    BalasHapus